TIMNAS MAKIN SEMANGAT

| Sabtu, 11 Desember 2010 | 0 komentar |

Tim nasional (timnas) Indonesia kembali berlatih sore kemarin di Senayan. Ini adalah latihan perdana para penggawa Merah Putih setelah libur usai menyelesaikan laga penyisihan grup A. Seluruh pemain hadir pada latihan yang dipimpin langsung oleh pelatih Alfred Riedl tersebut.
Hal itu menunjukkan bahwa tingkat disiplin para pemain meningkat. Sebab, sebelumnya nyaris saja ada pemain yang telat datang latihan setelah melakoni libur walaupun hanya sehari.
Pada sesi latihan kemarin, Firman Utina dkk begitu semangat melahap materi yang diberikan Riedl. Pelatih asal Austria itu tidak memberikan menu yang terlalu berat. Latihan ini hanya untuk mengembalikan kondisi pemain. “Kami memang masih awal latihan. Menunya juga menyesuaikan dan pasti ada peningkatan setiap hari,” katanya.
Waktu latihan pun tidak terlalu lama dan dibagi menjadi dua sesi. Pertama, sesi latihan teknik, mulai dari passing hingga shooting yang dikuti oleh semua pemain. Kedua, sesi latihan game kecil yang melibatkan tujuh lawan tujuh pemain.
Tidak semua pemain ikut latihan sesi kedua. Dari 22 pemain yang ada, hanya 14 pemain yang mengikuti game kecil tersebut. Sisanya diistirahatkan. Mereka yang diistirahatkan adalah para pemain inti. Tinggal Firman Utina, Ahmad Bustomi, dan Hamka Hamzah yang ikut berlatih.
Menurut fisiotherapist timnas Mathias Ibo, langkah tersebut dilakukan karena delapan pemain tersebut dianggap masih kecapekan. “Kebijakannya pelatih begitu. Pemain itu rata-rata turun di tiga pertandingan berturut-turut. Jadi, ada istirahat tambahan agar kondisinya benar-benar fit untuk latihan besok (hari ini, Red),” katanya. Hari ini para penggawa timnas bakal melakoni latihan yang lebih keras dalam dua sesi, pagi dan sore.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

| Rabu, 01 Desember 2010 | 0 komentar |

Cara memegang bola basket adalah sikap tangan membentuk mangkok besar. Bola berada di antara kedua telapak tangan. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks.

Manfaat Olahraga Basket

| Minggu, 28 November 2010 | 1 komentar |
     Bermain basket merupakan olahraga kardiovaskular yang baik karena memberikan latihan untuk paha dan bahu anda. Risiko cideranya sama dengan olahraga kelompok lainnya dan meliputi risiko terkilir serta cidera lainnya yang diakibatkan bertabrakan dengan pemain lainnya. Bermain satu lawan satu memberikan intensitas tertinggi karena anda selalu jadi bagian yang aktif dari permainan ini. Satu jam bermain basket membakar sekitar 600 kalori.

Manfaat Olahraga Renang

| Sabtu, 27 November 2010 | 1 komentar |
Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang yang jg merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi (non weight barring). Berenang terbilang minim risiko cedera fisik karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. Selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas), ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis. Berenang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila kita melakukannya secara benar dan rutin, manfaat tersebut antara lain :
1. Membentuk otot
Saat berenang, kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki. Saat bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus ‘melawan’ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.
2. Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru
Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Artinya, berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air.
3. Menambah tinggi badan
Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya).
4. Melatih pernafasan
Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. Penapasan kita menjadi lebih sehat, lancar, dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang.
5. Membakar kalori lebih banyak
Saat berenang, tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi, sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh.
6. Self safety
Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut dll).
7. Menghilangkan stres.
Secara psikologis, berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan pun bebas gerah.
Sebelum berenang, ag tubuh tidak ‘kaget’, dianjurkan melakukan gerakan pemanasan untuk mencegah kram otot sekaligus juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap dan juga lakukan pendinginan setelah selesai berenang agar suhu tubuh dan detak jantung tidak menurun secara drastis dengan cara berenang perlahan-lahan selama 5 menit.
Untuk pemanasan dapat dimulai dengan melakukan gerakan-gerakan ringan, seperti mengayunkan tangan dan kaki atau berjalan-jalan di sekitar kolam renang selama 10-15 menit. Lalu secara bertahap mulailah dengan satu putaran menyeberangi kolam, lalu istirahatlah selama 30 detik beberapa kali dan puncaknya berenang selama 20-40 menit tanpa henti. Setelah beberapa minggu, latihan bisa ditingkatkan. Sebaiknya, berganti-ganti gaya renang supaya semua otot terlatih.
Satu-satunya ‘kekurangan’ dari jenis olahraga ini adalah ternyata kurang menguntungkan bagi kesehatan tulang. Ketiadaan gaya gravitasi bumi saat berenang justru berpengaruh buruk pada massa tulang. Untuk mengatasinya, Anda dapat menyelinginya dengan olahraga lain, seperti joging, berjalan kaki, atau bersepeda.

Jenis Olah Raga

| Kamis, 25 November 2010 | 1 komentar |
JENIS OLAH RAGA
1. Aerobik adalah : Olahraga yang dilakukan secara terus-menerus
dimana kebutuhan oksigen masih dapat dipenuhi tubuh. Misalnya :
Jogging, senam, renang, bersepeda.
2. Anaerabik adalah : Olahraga dimana kebutuhan oksigen tidak
dapat dipenuhi seluruhnya oleh tubuh. Misalnya : Angkat besi, lari
sprint 100 M, tenis lapangan, bulu tangkis.
MANFAAT OLAHRAGA
1. Meningkatkan kerja dan fungsi jantung, paru dan pembuluh darah
yang ditandai dengan :
a.Denyut nadi istirahat menurun.
b.Isi sekuncup bertambah.
c.Kapasitas bertambah.
d.Penumpukan asam laktat berkurang.
e.Meningkatkan pembuluh darah kolateral.
f.Meningkatkan HDL Kolesterol.
g.Mengurangi aterosklerosis.
2. Meningkatkan kekuatan otot dan kepadatan tulang yang ditandai
pada :
a.Pada anak : mengoptimalkan pertumbuhan.
b.Pada orang dewasa : memperkuat masa tulang,
menurunkan nyeri sendi kronis pada pinggang, punggung dan
lutut.
3. Meningkatkan kelenturan (fleksibilitas) pada tubuh sehingga dapat
mengurangi cedera.
4. Meningkatkan metabolisme tubuh untuk mencegah kegemukan
dan mempertahankan berat badan ideal.
5. Mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit seperti :
a. Tekanan darah tinggi : mengurangi tekanan sistolik dan
diastolik.
b. Penyakit jantung koroner : menambah HDL-kolesterol dan
mengurangi lemak tubuh.
c. Kencing manis : menambah sensitifitas insulin.
d. Infeksi : meningkatkan sistem imunitas.
6. Meningkatkan sistem hormonal melalui peningkatan sensitifitas
hormon terhadap jaringan tubuh.
7. Meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit
melalui peningkatan pengaturan kekebalan tubuh.
8. Penelitian Kavanagh, latihan aerobik 3 kali seminggu selama 12
minggu.
a. Meningkatkan pembuluh darah kolateral.
b. Meningkatkan HDL kolesterol.
c. Mengurangi aterosklerosis.
PERSIAPAN SEBELUM OLAHRAGA
1. Pilih olahraga yang digemari, aman, mudah, dan murah.
2. Sebaiknya sebelum melakukan olahraga dilakukan pemeriksaan
pendahuluan untuk menentukan dosis yang aman dan jenis
olahraga yang cocok (tes pembebanan/stress test) terutama bila :
a. Ada keluhan seperti sering pusing, sesak nafas, nyeri dada.
b. Berpenyakit seperti penyakit jantung koroner, asma, kencing
manis, hipertensi, dll.
c. Berusia diatas 30 tahun.
3. Sebaiknya gunakan pakaian dan sepatu olahraga yang sesuai dan
nyaman.
4. Jangan lakukan olahraga setelah makan kenyang, sebaiknya tunggu
sampai 2 jam.
5. Minum minuman yang sejuk dan sedikit manis (manis jambu).
OLAHRAGA YANG BAIK DAN BENAR
1. Olahraga daapt dimulai sejak usia muda hingga usia lanjut.
2. Dapat dilakukan dimana saja, dengan memperhatikan lingkungan
yang mana dan nyaman, bebas polusi, tidak menimbulkan cedera,
misalnya : dirumah, tempat kerja, dan dilapangan.
3. Olahraga hendaknya dilakukan secara bervariasi, berganti-ganit
jenisnya supaya tidak monoton.

Tips Olahraga Paling Baik di Pagi Hari

| Rabu, 24 November 2010 | 0 komentar |
Banyak orang memilih olahraga di sore dan malam hari karena ingin menghindari panas atau hanya punya waktu di saat itu. Tapi menurut penelitian ternyata olahraga yang paling baik adalah saat pagi hari. Mau tahu kenapa?

Banyak orang yang belum menyadari bahwa olahraga di pagi hari sangat berguna untuk keseluruhan kebugaran dan juga proses penurunan berat badan. Meskipun hanya berolahraga lari atau berjalan kaki selama 10 menit setiap hari, tetap bisa memberikan manfaat yang besar bagi tubuh.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan prima tidak harus mahal dan pergi ke pusat kebugaran. Banyak olahraga sederhana dan murah meriah, namun tetap menyehatkan dan bisa memberikan mafaat yang besar bagi tubuh.

Ini dia manfaat yang bisa didapatkan jika berolahraga di pagi hari, seperti dikutip dari Health24, Sabtu (31/10/2009):

1. Olahraga pagi hari bisa membangkitkan semangat dan mempertahankan metabolisme sehingga dapat membakar kalori lebih banyak sepanjang hari. Berdasarkan penelitian olahraga di pagi hari bisa membakar kalori 2 sampai 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan waktu lainnya. Selain itu juga bisa membantu mengatur nafsu makan agar tidak berlebihan.

2. Saat tidur semua hormon yang terlibat dalam aktivitas meningkat, sehingga tubuh akan merasa lebih aktif dan segar saat pagi hari. Meskipun hanya olahraga ringan berjalan kaki sudah cukup hebat untuk melawan kelelahan. Selain itu membuat pikiran menjadi lebih tajam selama 4 sampai 10 jam setelah berolahraga dan meningkatkan energi alami yang jauh lebih efektif dalam jangka panjang dibandingkan dengan minum secangkir kopi.

3. Meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak sepanjang malam. Jika olahraga di malam hari justru membuat seseorang menjadi susah untuk tidur malam dengan tenang. Olahraga di pagi hari juga membantu mengatur jam biologis tubuh menjadi normal.

4. Memiliki jadwal olahraga lebih teratur karena memiliki sedikit gangguan. Jika Anda sudah terbiasa untuk bangun pagi maka tidak ada halangan untuk tidak berolahraga, tapi jika olahraga siang atau malam mungkin akan mandapat gangguan untuk pergi dengan teman atau sudah lelah bekerja seharian.

Mulai sekarang tidak ada salahnya menyempatkan sedikit waktu di pagi hari untuk melakukan olahraga seperti berlari atau hanya berjalan-jalan di sekitar halaman rumah.